10 hewan langka di dunia

Hewan Langka di definisikan sebagai hewan yang mempunyai tingkat populasi yang sangatlah sedikit keberadaannya di Dunia atau dengan kata lain terjadi kepunahan dalam populasi hewan tersebut. Di bawah in ada sedikitnya 10 Hewan Langka di Dunia. apa saja hewan-hewan yang mengalami kepunahan tersebut, simaklah Informasi berikut di bawah ini.
          1.       Babi Laut
    Babi Laut atau nama mempunyai nama latin Scotoplanes ini masuk kedalam hewan yang paling Langka di dunia. Hewan yang masih satu genus dengan teripang ini merupakan persilangan Antara babi dan siput. Jika dilihat dari penampakan fisiknya ia menjadi sangatlah lucu, Babi laut ini memiliki jari layaknya manusia yang tumbuh di sekitar mulutnya.
          2.       Solenodon
    Hewan terlangka Dunia selanjutnya adalah Solenodon. Selonodon adalah jenis hewan mamalia yang biasa beraktivitas di malam hari, ia biasa melakukan penggalian, untuk mencari makan berupa serangga.
          3.       Ikan Vampir
    Ikan Vampir atau mempunyai nama latin Cephalopoda sering ditemukan di perairan lautan beriklim sedang dan tropis. populasinya yang semakin menipis di Habitatnya membuat hewan ini masuk kedalam daftar Hewan Langka di Dunia. Dengan menggunakan filament yang di miliki di tubuhnya hewan langka ini dapat hidup di dalam perairan yang sangat dalam  hingga minim sekali terhadap cahaya. Kemampuan berenang yang sangat cepat, ia mampu berenang hingga dua kali panjang tubuhnya perdetik dengan waktu percepatan lima detik.
          4.       Ikan Matahari atau Mola-Mola
    Ikan matahari atau Mola-Mola adalah jenis ikan yang mempunyai tulang paling berat di Indonesia. Ikan Matahari atau Mola-Mola dewasa ini dapat mempunyai berat hingga mencapai 1000 kg. Ikan ini pemakan ubur-ubur dalam jumlah yang sangat besar adalah salah satu penyebab bertambah beratnya berat badan dari ikan Mola atau ikan matahari ini.
          5.       Tasmanian Devil
    Tasmanian devil salah satu hewan karnivora yang berhasil di temukan di kawasan hutan alam liar Australia. Tingkat populasi yang sedikit di karenakan binatang ini sering sekali di jadikan objek berburu, oleh karena itu tepat pada tahun 1941 tasmanian devil ini resmi menjadi hewan dilindungi di Australia tersebut.
          6.       Salamander Raksasa
    Salamander Raksasa atau terbesar pernah di ketemukan di China. Panjangnya dapat mencapai 165 cm dan merupakan spesies asli China. Salamander mempunyai ciri kepala besar, mata kecil dan kulit gelap serta berkerut. Spesies ini hidup di perairan yang dingin di pegunungan dan gua-gua kecil di sekitar pegunungan. Hewan pemakan ikan, kodok serta hewan air lainnya ini mempunyai fungsi mata yang tidak terlalu baik, oleh karena itu ia memanfaatkan sebuah sensor khusus untuk mendeteksi setiap gerakan yang ada.
    7.    Javan Rhino
    Javan Rhino adalah spesies mirip badak yang sudah hampir punah keberadaannya di dunia. Javan Rhino ini mempunyai tempat tinggal di Indonesia dan Vietnam. Badak ini sering sekali menjadi objek pemburuan liar yang dilakukan warga sekitar, hal tersebut di karenakan cula badak yang mempunyai harga sangat tinggi di pasaran.
          8.       The Pinta Island Tortoise
    Binatang ini masuk kedalam Spesies Giant Galapagos Turtoise. Salah satu hewan terlangka di dunia, hingga saat ini diketahui hanya tersisa satu hewan saja di dunia untuk The Pinta ini. Perkembangan biakan yang sangat sulit menjadi salah satu faktor terjadinya kepunahan pada hewan The Pinta Island Tortoise ini.
           9.       Baiji
    Salah satu hewan angka selanjutnya adalah baiji. Baiji adalah sejenis lumba-lumba langka yang hidup di air tawar. Hingga saat ini di laporkan ada sekitar 10 ekor tersisisa untuk Hewan langka Baiji ini. Baiji pernah di temukan di daerah sungai Yangtze di Tiongkok.
          10.      Hispid Hare
    Binatang terlangka selanjutnya adalah Hispid Hare. Hispid Hare ini atau lebih dikenal dengan sebutan Bristly Rabbit ditemukan di daerah pegunungan tertinggi yakni Himalaya Nepal. Dilaporkan untuk populasi hewan ini dikabarkan hanya memiliki 110 ekor saja.
Demikian 10 Hewan Langka di Dunia, bagaimanapun kita sebagai manusia alangkah baiknya untuk selalu melestarikan hewan-hewan tersebut untuk tidak terjadi kepunahan. hal tersebut di lakukan agar nantinya generasi penerus kita masih dapat merasakan hewan-hewan langka tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Baca Sejenak